27 April 2008

RONCARR!!!!

Pas iseng liyat tipi malem-malem, di tengah serbuan iklan tiba-tiba muncul adegan dua orang pria naik motor dan mengintai sebuah mobil. "Wew, sinetron aneh apa lagi nih?" pikir saya. Salah seorang pria aneh berkacamata item itu berputar-putar gak jelas kemudian membuka pintu mobil dan berusaha untuk men-starter. Dengan muka bodoh, dia kebingungan karena mesin mobil gak mau menyala --malah alarm yang bunyi!!

Saya urungkan niat saya mengganti channel saat seorang wanita dandy tersenyum menghampiri, "Kasian deh loo!!! Pake RONCAR dongg!!" katanya sambil nyengir dan mengacungkan sebuah kartu aneh. Si maling itu pun kabur, sementara si mbak dandy tadi memasukkan kartu chip futuristik ke dalam slotnya.

WHAT THE?!?!? Wah, ini pasti iklan bo'ong-bo'ongan, pikir saya lagi. Kayak iklan parodi gitu, tau kan? Yang biasa ada di acara-acara konyol kayak Spontan, Extravaganza ato yg semacam itu.

Tidak lama, tau-tau ada mobil menghampiri dan bapak necis dengan senyum mengembang melongok, "Pakai RONCAR ya!! Aman dan murah!!" HAYAH!? Belum selesai penderitaan penonton, ditambah kedatangan seorang wanita dengan motor sambil cengar-cengir dan bilang, "Saya juga pakai RONCAR.. Daaaahh!!!" katanya melambaikan kartu keren ituh. Si Bapak jawab "Daaaah!!!", sementara mbak dandy tadi melambaikan tangan. Kemudian dia mempromosikan kehebatan RONCAR. Udah?! Belum!! Masih ada yang dahsyat, di outro iklan ini : raungan "RONCARR!!!!" nan membahana mengiringi logo produk anti maling mutakhir ini..

Ini beneran nih? IKLAN INI SUNGGUHAN?!? Saya langsung menangis karena tawa yang gak henti-hentinya.

Banyak temen-temen saya yang bilang iklan RONCAR tu bikinnya asal-asalan, katrok, kampungan, aneh, dan pasti yang bikin gak mau keluar duit banyak..

Pendapat mereka hampir bener. RONCAR asal-asalan, liyat saja adegan-adegan, pengambilan gambar, dialog sampai logo produk itself di iklan itu. Bener-bener lucu parah!! Tone yang dipakek jadul banget, gak seperti iklan-iklan kebanyakan yang soft atau penuh warna-warni ceria.

RONCAR katrok dan kampungan, gak bisa dipungkiri!! Para bintang (yeah, kalo itu bisa disebut bintang sih..) di iklan itu berwajah 'biasa' dan sangat menggelikan.

RONCAR aneh. Iya, sangat aneh!! Maling yang bodoh (namun bisa membuka pintu mobil dengan mudah), pemilik mobil yang sok cantik (dengan menggunakan kacamata fashion entah keluaran taun berapa) dan adegan gak penting (saat bapak gendut tiba-tiba datang dan memuji kehebatan produk + seorang wanita lagi datang pakek motor dan bilang 'Daaaghh!!!') Eugh!!!

Yang bikin RONCAR pasti gak mau keluar duit banyak. Oi.. Low-budget?! Tunggu dulu!! Saya gak yakin bos RONCAR bikin promo iklan ini dengan low budget. Kenapa? Mungkin memang mereka bikinnya asal-asalan. Tapi durasi iklan ituh lumayan panjang oi. Jam tayang-nya juga gak di malem-malem hari gitu, melainkan prime-time --saat banyak pemirsa yang nongkrong di depan tipi.

Biaya produksi iklan ditekan untuk menggelembungkan biaya promosi. Gak seimbang!! Jadinya kayak gitu deh!! Tapi bisa jadi, iklan RONCARRR dengan gaya gak-jelas itu adalah strategi unik pemilik perusahaan untuk bikin iklan yang gampang diingat dan menarik hati pemirsa. Ha ha ha ha!!

Ini You Tube-nyah
-ova-

2 komentar:

Masova mengatakan...

YEAH!!!!! RONCARRR!!!!!! Saya juga pakek lhoo!!!!! Daaaaahh!!!

Dito mengatakan...

wah telat nih lagi nostalgia sama roncar :)

itu tuh marketingnya bagus banget...benar2 membekas di hati para penonton...(walau sebagai bahan cak-cakan atau bahan lawakkan)