22 April 2008

Makek mig33 Lewat Internet

Selain bisa langsung makai mig33 lewat website-nya, kita juga bisa make aplikasi chat terkenal ini dengan menggunakan emulator. Biasanya cara ini dipake kalo kamu pengin ngerjain orang dengan meng-kick ato iseng meng-flood room..



Saya merekomendasikan dua cara, yaitu dengan memakai software bernama Sj-Boy dan mpowerplayer.. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, biasa lah, dunia gadda yang sempurna..

Sj-boy (bisa didonlot di sini) adalah software emulator atau simulator, atau apalah namanya --yang digunakan untuk menjalankan aplikasi handphone java kayak *.jar. Uniknya, Sj-Boy mempunyai interface mirip dengan hape sesungguhnya. Saking miripnya, di versi-versi awal software ini, kita harus 'memijit' keypad hape virtual itu dengan pointer mouse. Hayah!! Apa gak ribet tuh? Dulu... Saya nulis sms 1 kalimat; butuh waktu sekitar seperempat jam. Selain gak terbiasa, kondisi mouse yang parah jadi penyebab utamanya (tau kan.. mouse --beli 2 tahun yg lalu-- yg kita mau klik sekali, eh jadinya dobel-klik)


Untunglah, di versi terbarunya sj-boy menanamkan berbagai plug-ins. Seperti mengganti keypad ribet dengan kibord; menambah pilihan interface dari hape-hape terbaru merk Nokia, Sony Ericsson, Motorola dll; memperbesar layar dan sebagainya.

Kalo sudah didonlot, install software-nya. Begitu slese, cari file mig33.jar (atau varian mig33 lainnya) yang sudah kamu donlot sebelumnya. Buka dengan cara klik kanan, open with >> sjboy. Mig33 siap untuk digunakan!! Kalo kagok dengan tampilan hape yang bukan merk hape kamu, ganti saja dengan hape yang familiar.. Oia, kalo kamu ganti interface hape, aplikasi yang tadi udah jalan jadi restart lho..

Nah, sekarang mpowerplayer.. Software yang udah teruji untuk menguji aplikasi² java yang lolos uji *hayah!! apaan sih?!* Software ini sedikit lebih tangguh. Interface-nya simpel, tidak se-inovatif sjboy. Namun aplikasi² java yg dijalankan terlihat jelas dan bening. Software-nya sendiri cukup stabil, ringan dan mudah digunakan. Namun, kelemahan mpowerplayer adalah prosedur install-nya yang ribet. Semoga saja yang saya tulis tidak malah bikin tambah ribet.. Huhuhuhu..

Pertama, kamu harus memastikan komputer yang digunakan dah pake java platform. Cara ngeceknya, lari ke sini. Kalau java.com bilang "congratulations" brati java platform dah ter-install. Otherwise, mereka akan bilang "sorry bla bla.. ", dan ini berati, kamu harus donlot java-nya. Sayangnya (setau saya), meskipun dah donlot, java tidak bisa langsung begitu saja terinstall. File jxpinstall.exe akan membuka instalasi secara online, --dan ini lah bagian yang menjengkelkan. Karena, progress-bar (pas lagi "copying files") diemmm gak bergerak kayak gak loading gitu. Setelah penantian yang mungkin sedikit bikin frustrasi, di taskbar kamu akan muncul balon pesan mungil dengan logo cangkir kopi: java platform. Sipp!! Kamu sudah berhasil menginstall java. Di control panel kamu juga sudah ada penghuni baru untuk men-set java ini.

Oke.. Sekarang donlot mpowerplayer, kemudian bawa file mpp-sdk-whatever-lah berekstensi zip itu ke tempat aman. Extract file zip itu ke folder favorit kamu. Jangan heran kalo kamu gak menemukan file setup.exe, mpp_install.exe atau yang semacamnya. Cari aja langsung file player.jar di folder mpp-sdk dan langsung dobel klik. mpowerplayer pun siap digunakan.. Oia, kalo kamu sebelumnya dah install sj-boy, maka file player.jar bukanya lewat klik kanan 'open with'..

Kemudian, lari ke file > open dan cari aplikasi mig33.jar yang akan dibuka. Mig33 langsung bisa digunakan seperti biasa --bahkan mungkin lebih cepat dan nyaman. TIPS : Untuk shortcut nav keypad hape kiri kanan, bisa pake F1 dan F12. Klik screen-shot di bawah ini biar di-zoom in..

That's all . . .

Oia. Sjboy dan mpowerplayer bisa kamu gunakan untuk mengetes aplikasi/game java yang rencananya mau kamu install ke dalam hape.. Dulu, waktu baru punya hape yg lumayan canggih, wuahh donlot aplikasi sana donlot game sini. Dan saya sering kali kecewa dengan beberapa game yang saya install. Kompatibel sih iya, tapi genre/grafik/sound-ny gak sesuai selera. Saat tau ada sjboy/mpowerplayer, saya langsung mampaatkan untuk 'menyeleksi' aplikasi²/game² yang mau masuk hape saya..
-ova-

Tidak ada komentar: