21 April 2008

Merubah Icon Flashdisk

Bro dan sis.. Saat sebuah flashdisk dicolokkan (kalo autorun-nya aktip) muncul progress autoplay kemudian window kecil kek gini:

Kadang kan kita suka tuh nyolokin FD ke kompu temen ato pacar ato siapa gitu, ngopi data mp3 dsb dsb. Nah, biyar sdikit 'wah' di mata empunya kompu yg kita colokin FD, kita customize tampilan icon FD kita dengan gaya kita sendiri...

Sebelumnya, kita musti punya icon dulu ni. Di internet bertaburan tuh, tinggal donlot ajah.. Kalo niat kerja keras, kita bisa bikin icon sndiri pake software icon-editor misalnya microangelo. Ntar deh saya kasih tips + trik-nyah..

Perhatikan nama file icon itu dan di mana letaknya. Icon yg saya pakek : afro.ico, salah satu pack icon dari fasticon.com..


Kalo sudah punya icon (afro.ico) --tancepin FD ke kompu (kompu sendiri dong, kan kita mw customize!!!) Lari ke explorer, masuk ke root directory FD kita --di sini dir punya saya H:\-- kemudian bikin "new text document" lewat klik kanan.

Setelah itu rename "New Text Document.txt" menjadi "autorun.inf".

Di notepad, tulis kode simpel ini :

[autorun]
icon : afro.ico

Kalo nama icon kamu 'cantik.ico', maka kode di autorun.inf pun menyesuaikan..Oke!! Save dan close!!

Lari ke tempat di mana icon kita sebelumnya berada, copy dan paste ke FD!! Sekaliyan ajah, kita hide dua file itu biar sumber 'gaya'-nya FD kita gak kebongkar. Kekekek.

Eject FD kita, kemudian tancepin lagi!! Kalo berhasil, maka tampilan muka window autoplay dan explorer akan berubah keren :


Sipp!!! That's all..
Sekarang tinggal ke tempat kecengan kita, pura-pura minta file mp3 apa gitu.. Pamer icon FD baru.. Hahahaha!!!

-------
* Oia, jangan lupa mematikan opsi "Hide extensions for known file types" yang ada di folder options Explorer
-ova-

Tidak ada komentar: