25 September 2008

Tutorial : Parampaa Smileys

Karena ada banyak permintaan, bagaimana cara saya membuat smiley Parampaa. So inilah dia!! Oia, saya mengansumsikan, kamu udah bisa bikin shape-shape di Photoshop dan menguasai basic tools-nya.. (Maap, untuk yang baru belajar PS-- tutorialnya nanti yahh..)

(for Advance Photoshoppers)

1. Bikin dokumen baru. Bikin buletan ukuran mungil, (punya saya 40 x 40 px). Zoom in biar bisa lebih jelas detailnya. Kita bikin kepala, dan sedikit badan. Trus bikin shading di sana-sini.. (Tools used : ellipse tool, pencil, gradient tool)

2. Sebentar, SEBENTAR!! Mau bikin ekspresi kayak gimana?! Kita bikin yang mudah dulu yah: mengerjap-ngerjapkan mata. Bikin parts yg ada di wajah (mata, alis, mulut, idung dsb), masing-masing di tab Layers. Beri nama layer2 dengan nama bagian terkait. Kita liat di layers saya, ada mlotot, merem, senyum dsb dsb..




3. Anu, kalo udah jadi bagian-bagiannya -- pindah ke ImageReady.. (Shortcut Shift + Ctrl + M) Jangan khawatir, parts yang ada di layers gak ilang kok..


4. Zoom in lagi.. Cek window Animation. (Kalo ndak ada, hidupkan dari menu Window > Animation.. Siapkan workspace, dengan window layers dan animation di sekitar meja gambar.. (workspace saya ndak paten, gunakan workspace yg paling nyaman buat kamu.:-)

5. OKE!! Ini bagian yang paling fun!!! Di window Animation, duplikat frame 1 dengan mengklik icon kertas (di dekat icon tong sampah).
Perhatikan, di frame 1, mata smiley kita terbuka.

Nah, sekarang klik frame 2 (duplicated yg tadi).. Di bagian layer, visibility-nya dirubah. Layer merem visible (klik icon mata), sementara layer mlotot dimatikan.



6. SUDAH JADI!!! Sekarang di-save optimized as *.gif. Kemudian preview!! Voilaa!!


7. Bentar, bentar.. Kayaknya ada yang ganjil yah.. Smiley kita ngedip-nya kok kecepeten?!? Oke, kita revisi dikit agar lebih 'manusiawi' *halahh*. Ayo, kembali ke ImageReady!!!

8. Klik bagian 'delay time' (0 sec), kemudian pilih durasi sesuai selera. Kalo ndak ada di pilihan, klik other dan ketik input-nya. Saya ketik 2.5 sec.. Sip!! Save-optimized lagi.. Cek hasilnyaaa!!


9. Sekarang udah agak lumayan 'manusiawi'. Namun, kalo masih ndak puas.. Mari kita bermain-main lebih jauh lagi..

10. Di window Animation, Klik frame 1. Trus duplicate lagi. Kemudian, drag-n-drop frame 2 ke sebelah kanan-nya frame 3!! Sehingga frame duplicate tadi sekarang menjadi frame 3.. Rubah 'delay time'-nya (2.5sec) kembali menjadi 'no delay' (0 sec).


11. Seperti step 10, duplicate frame 2 --> frame 3. Kemudian frag-n-drop frame 3 tadi ke sebelah frame ke empat. Result akhir frames di window Animation akan menjadi selang-seling..


12. Preview!!! Dan kita telah mendapatkan 1 smiley konyol sedang mengedip-ngedip. Horee!!!

1 komentar:

Antown mengatakan...

aha!! pertamax!
tulisan ini dipersambahkan buat saya ya? makasih....

nanti saya mau coba