27 Juni 2008

Kenapa Lagu Gaby 'Menarik' Kita?

Apakah kutukan gadis patah hati itu benar?! Apakah lagu itu mengandung unsur mistis yang diciptakan karena bisikan setan? Apakah Luna Maya suka sama saya? Loh?!?!

Oke. Bagi siapapun yang gak tau tentang desas-desus Lagu Gaby, klik ini..

Pertama kali denger lagu berjudul 'Jauh' (judul lainnya adalah 'Tinggal Kenangan', 'Kau Pergi' dan 'Lagu Kuntilanak') dengan format 3gp saya ngerasa familiar dengan nada dan irama-nya. Oh, kenapa ini? Apakah saya dikutuk?!?

Saya beneran merasa kalau saya pernah mendengar lagu ini entah di mana.. Setelah saya coba bertapa dan puasa mandi tiga hari (oke, hiperbola), akhirnya saya mendapat pencerahan..

Saya kulik lagu itu dengan piano, dan benar saja --chords yang dipakai sangat familiar : D - A - Bm - F#m - G - D - G - A. Saya gerakkan jari-jari saya untuk memainkan sedikit arpeggio, dan muncullah 1 judul : Canon!!!

Lagu Gaby (atau Geby atau Egy atau siapa lahh) itu menggunakan progresi chord yang sama persis dengan komposisi berjudul Canon in D Major gubahan Johann Pachelbel. Canon (in C Major) saya pelajari dulu saat saya masih berantakan dalam memainkan piano. Well, actually.. sekarang pun masih berantakan. Hehehe..

Oke. Bagi yang belum tau Canon in D, check this. Dengerin intronya, dan bersenandunglah "Pernaah aaada... Raasaaa cintaaa... " What do you think?!

Komposisi ini cukup melegenda dan punya banyak versi. Versi rock, versi orkestra, versi acapella dsb dsb. Search ajah di youtube. Dan kalau saya gak salah, Ariel Peterpan juga menggunakan chord yang sama (memakai C major) untuk lagu 'Antara Aku dan Dia' (album pertama kalo gak salah.. yang lagunya kayak lagu anak-anak jaman dulu itu). Samsons juga memakainya di 'Kenangan Terindah'. Dan bahkan Trio Macan di lagu 'SMS'. Musicians, correct me if I wrong.

Itulah sebabnya kenapa lagu Gaby bikin kita stuck dengan iramanya yang 'bersahabat'. Di memori kita terdapat 'Canon' yang sudah tertanam sejak kita kecil, mungkin masuk menelusup tanpa sengaja sepotong demi sepotong (oke, bahasa saya jijay abiss). Nah, saat lagu Gaby diputar, kepingan ini muncul lagi --dan kita pun langsung cepat akrab.

Jadi.. Kutukan kah? Like hell I believe that!!!! Hahahag..
-ova-

1 komentar:

Masova mengatakan...

Oke..
Chord-ny Gaby sedikiiit beda dari Canon in D:

D - A - Bm - F#m - G - D - Em - A