01 Juli 2008

Tahukah Kamu #6

Kalo sudah cukup lama memakai software tertentu, kita akan dikasi informasi mengenai produk baru dari software tadi. Misalnya, kita pakai Mozilla Firefox 2 --nah stelah beberapa taun, perusahaan Mozilla akan merilis Firefox 3 Beta.

Yang jadi poin di sini adalah BETA-nya ituh.. Sering kan kita denger macem: Ansav Beta, Gmail Beta, Aviary Beta, Ovavision Beta, Efekgitar Beta. Dsb dsb..

Nah tahukah kamu apa itu Beta Version?!
Saya dulu jawab: itu adalah program yang masih versi mentah, perlu diuji lagi. Temen saya nanya, kenapa gak pake Alpha?! Firefox Alpha gitu...

Ah iya.. Kenapa yah?!

Beta version memang adalah proyek yang sedang diuji, namun oleh tester yang BUKAN pencipta atau developer proyek itu. Biasanya, beta-tester adalah orang-orang yang tertarik dengan proyek atau memang siapa gitu yang sengaja direkrut oleh developer..

Nah, proyek yang diujikan oleh beta-tester itu sebelumnya sudah melalui tahap uji-coba oleh developer atau pabrik si proyek itself.

Fungsi beta adalah mengetahui bug (ketidakstabilan, crash, error) pada proyek. Nah, begitu ada tester yang melaporkan ada bug, maka proyek akan masuk Gamma-version (dan kalau perlu Delta-version) untuk memperbaiki apa yang kurang. Namun, gamma + delta ini jarang sekali digunakan. Developer lebih suka memakai tambahan angka. Misalnya Tuyul Manager Beta 3.15 ,artinya program TMBeta itu versi 3 perbaikan/update ke 15.

Begitu bug sudah diatasi dan proyek sudah stabil, maka diluncurkanlah full-version atau gold-version atau apa lah istilahnya..

Jadi gak ada kaitannya dengan lagu Maluku.. 'Ayo mama!! Jangan mama marah betaa!!!"



-ova-

Tidak ada komentar: